Pages

4.04.2010

SISTEM JARINGAN GSM JEBOL


Sistem enkripsi 64-Bit dinilai lemah. Sebanyak 3,5 miliar pengguna GSM di seluruh dunia terancam.

Selama 21 tahun, algoritma enkripsi yang sama, A5/1, telah digunakan untuk melindungi privasi panggilan dibawah standart GSM. Dengan standart GSM yang mencakup 80% pengguna dari seluruh dunia, jaringan GSM tentu saja dianggap jaringan yang paling aman.

Namun akhirnya, Karsten Nohl, 28 tahun, peneliti asal Jerman, dilaporkan berhasil memecahkan kode keamanan GSM dan telah menerbitkan temuannya ke komunitas umum komputer dan elektronik. Proses memecahkan algoritma GSM melibatkan bantuan dari 24 anggota Chaos Computer Club di Berlin, yang membantu menghasilkan kombinasi acak yang diperlukan untuk mencoba, dan memproduksi kode book standart atau catatan kombinasi biner berbasiskan bentuk dasar enkripsi A5/1.


Meskipun begitu, Nohl menegaskan bahwa tindakannya tidak ilegal. Nohl mengatakan ia mengambil tindakan pencegahan yang besar untuk memastikan karyanya tetap murni akademis, dan tindakannya itu tidak digunakan untuk memecahkan setiap panggilan telepon digital sebenarnya.

A5/1 adalah sistem algoritma keamanan 64-bit. Meskipun algoritma khusus ini masih digunakan, sistem 64-bit dianggap lemah menurut standart sekarang. Sedangkan Algoritma 128-bit dianggap cukup kuat untuk melindungi sebagian besar data.


Source : PCMedia


0 comments:

Post a Comment