Pages

2.12.2009

ANCAMAN KEAMANAN PC SAAT ONLINE


Dunia internet yang mempunyai ragam informasi serta media komunikasi memang cukup membantu, tapi sebenarnya dunia internet juga menyebarkan ancaman terhadap keamanan PC.

Banyak manfaat yang disajikan di dunia internet, baik untuk mencari informasi maupun komunikasi. Apalagi akses internet sekarang relatif jauh lebih murah dibanding beberapa tahun yang lalu. Sejak hadirnya internet, sisi gelap dari sebuah internet atau sering disebut dengan dunia underground selalu menjadi ancaman bagi PC yang terkoneksi ke internet.

Penyusupan yang dilakukan seorang hacker adalah salah satu momok disaat kita melakukan surfing di dunia maya. Memang prilaku user saat menjelajah dunia maya membuat sering lupa waktu, kadang tidak menyiapkan proteksi pada PC bila terdapat penyusupan. Banyak orang awam yang merasa cukup dalam melindungi PC-nya dengan sebuah program desktop firewall dan anti spy firewall seperti yang artikel terdahulu.

Meski telah mengamankan PC dengan beberapa software firewall, tapi pada kenyataannya masih banyak celah yang terdapat pada sebagian besar aplikasi firewall, dan celah ini sangat bisa dimanfaatkan oleh seorang hacker untuk masuk kedalam sistem PC anda.

Memang banyak kiat yang harus dipahami saat memasuki dunia online. Serbuan virus yang dikirim melalui email atau tawaran download gratisan selalu menjadi sarang bagi virus dan backdoor untuk bisa memasuki sistem PC anda. Lalu apa yang terjadi bila sistem telah disusupi.??

Kebanyakan yang terjadi adalah “terjadinya crash pada sistem” hingga PC banyak mengalami permasalahan dan pastinya sistem bisa down. Apalagi sekarang untuk akses internet relatif lebih mudah, karena banyak hotspot yang tersedia seperti di mall atau beberapa tempat perbelanjaan (kecuali di kotaku, yg byk ya tukang parker, hihiks). Mungkin anda tidak mengetahui atau tidak merasakan adanya bahaya saat online di hotspot area, padahal saat online menggunakan koneksi WiFi yang gratisan relatif sangat berbahaya.

Bahayanya bukan saja datang dari dunia maya, tapi bahaya bila ada pengguna WiFi yang memanfaatkan program backdoor, dimana seseorang tadi mampu menyusup dalam sistem PC atau notebook anda.

Sebenarnya untuk mengantisipasi dan mengamankan PC dari serangan atau susupan orang yang jahil tidak begitu susah. Ini karena sudah banyak program – program keamanan yang bisa mengamankan sistem anda. Tapi pemilihan aplikasi keamanan tersebut harus selektif, karena banyak penyusup yang membuat aplikasi keamanan justru dia akan mengintai sistem kita.

Sekarang ini sebagian besar produk antivirus juga menawarkan pengaman pada sistem dari serangan hacker selain pengamanan dari serangan virus. Mungkin banyak yang dikeluhkan sebagian besar pengguna antivirus adalah penggunaan resource (sumber daya) yang cukup besar pada sistem, sehingga PC berjalan sedikit lebih lambat.

Memang tidak disangkal lagi, bahwa menggunakan antivirus dengan fitur lengkap akan banyak memakan resource pada sistem yang mengakibatkan PC berjalan lebih lambat dibandingkan sebelum memakai antivirus.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan antivirus yang tidak banyak memakan resource sistem besar, kecuali bila sistem PC yang anda gunakan mempunyai performa yang cukup handal, hingga proses aplikasi lain tidak begitu terganggu.

Lalu bagaimana memilih sebuah antivirus bagus yang juga mempunyai fitur membendung akses hacker kedalam sistem? Sebenarnya sebagian besar antivirus yang ada, semua bagus, mungkin yang kurang bagus adalah versi gratisannya, karena versi gratisnya kebanyakan ada beberapa fitur yang dikurangi dan sistem updatenya sedikit terlambat dibanding versi berbayarnya.

Terlepas dari gratis dan berbayar, sebaiknya kita bisa lebih berhati – hati dan selektif saat surfing internet, jangan sembarang melakukan download aplikasi yang ditawarkan secara gratis.


sumber : komputek

4 comments:

anita mui said...

Komplit bgt pak de...kayak sido muncul:))

Atca said...

Info bagus nih...kadang asal download ajah:))

bunda said...

makanya emang sejak awal sudah selalu menghindari untuk download terutama lagu2 dan games. itu yg paling sering mengandung virus
tops banget deh infonya. tks

izoel said...

@Anita : Mangnya diriku tukang jamu.. hehehehe.. jgn2 dulu anita jual jamu sidomuncul ya???

@Atca,Bunda : iya mang bner tu ca, bunda.. tp jgn2 si Atca tukang download ni (sedot segala yg gratisan).
@All : thax dah mampir baca & buat commentnya ya..
maju teyuss..

Post a Comment