Pages

2.11.2009

LANGKAH RINGAN AMANKAN PC

Beberapa langkah untuk mengamankan system dari serangan penyusup, baik dari dunia internet maupun dari system LAN yang menggunakan koneksi nirkabel seperti WiFi, diantaranya adalah menggunakan perlindungan awal dengan desktop firewall.

Bila anda tidak percaya pada beberapa aplikasi firewall khusus, maka bisa menggunakan Personal Firewall yang terdapat pada Windows XP Service Pack 2 ataupun Vista. Sebaiknya anda bisa mengenali system atau kinerja dari firewall tersebut, agar tidak merugikan

Mungkin yang perlu dicermati adalah saat sebelum menginstall firewall, anda harus memastikan PC dalam keadaan bersih dari Trojan dan virus. Konfigurasikan firewall tadi dengan cermat pada setiap aplikasi yang membutuhkan akses online serta akses file sharing dalam jaringan yang ada.

Penggunaan firewall yang bagus bisa lebih mencegah penyusupan yang dilakukan hacker. Biasanya melalui DNS spoofing, hacker dapat melakukan pembelokan yang mengarahkan PC korban ke website palsu. Pembelokan ini gampang skali dilakukan mengingat protocol DNS tidak memiliki mekanisme pengamanan apapun. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan aplikasi firewall terkini, biasa chache BNS tersimpan dengan rapi, sehingga apabila kita sudah pernah melakukan kunjungan ke wibesite sebelumnya maka DNS Spoofing bisa kita cegah.

Apabila hacker telah berhasil menyusup PC, biasanya mereka selalu menyiapkan backdoor untuk mempermudah akses hacker di lain kesempatan. Salah satu upaya mempersiapkan backdoor adalah dengan mengubah file system PC korban. Namun hal ini bisa mudah dideteksi melalui program antivirus.

Memang cara menempatkan Trojan didalam PC adalah cara yang paling efektif, karena kemudian sang hacker bisa menjalankan aplikasi tadi melalui salah satu autoexec yang berjalan bersama autoexec dalam windows XP lainnya. Dalam menantisipasi hal ini, yang kita lakukan adalah dengan menginstall tool tambahan bernama “Autoruns” dari Sysinternalsi.

Melalui beberapa tool anda bisa memantau dari sekian banyak autoexec yang ada di system. Tidak hanya menampilkannya, tapi Autoruns juga mampu memperlihatkan signature dari autoexec yang ada di system PC.

Biasanya apabila ditemukan entri autoexec yang tidak dikenal dan disinyalir sebagai pen-trigger Trojan, maka Autoruns dapat mematikannya. Dengan tool ini kita terbantu dalam memberantas backdoor yang mungkin ditinggalkan hacker di PC.

Selain cara diatas, untuk menghindari penyusupan, sebaiknya jangan matikan system UAC yang terdapat pada Vista, atau hindari penggunaan User Administrator bila menggunakan XP. Kemudian atur setting keamanan untuk browser yang digunakan ke level High Security. Mungkin efeknya terimbas pada saat membuka beberapa website yang menggunakan activeX.

Penggunaan ActiveX ini biasanya sangat rentan dengan penyusupan beberapa backdoor. Karena banyak sekali celah keamanan yang terbuka saat system menjalankan ActiveX. Demi keamanan sebaiknya hindari penggunaan ActiveX bila ada beberapa website yang menginginkan untuk mengaktifkan ActiveX


sumber : komputek

2 comments:

anita mui said...

Ambil LUP dulu mau baca postingannya abangku...
coz yg kulihat hya semut yg berbaris rapi kayak mau upacara bendera...:))

Makacih tipsnya bang..udh baca...tapi gk ngerti maklom o'on..hhheee:f

izoel said...

@Anita: hehehee, iya, ntr tak ganti dech fontnya.. thx commentnya ya adikku..

Post a Comment