Pages

2.19.2009

MALAS BACA...!!! Kenapa..????

Heran dech liat temen2, adik2, encing2, (encing kucing, encing kuda), abg2, dst... apalagi ank2 sekolah..., kok pada males baca ya.. padahal manfaatnya lebih dari sekedar ilmu yg di dpt di sekolahan. kyk kuliah misalnya, ilmu yg di dpt di kuliahan (kl cuma ngarep dr dosen) tu cuma se-iprit (se-iprit itu se-brp ya?..hihiks), bener gt g ya?? soalnya g prnh duduk di kuliahan.. ouugghhh... (sok prnah kuliah)
Kebanyakan kita tu cuma fokus ma apa yg kita cari, tp g mau ngliat & perhatiin jln utk dapetin apa yg kita cari... bener sih si-Robert T. Keosaki (kenal g? itu loh, petugas kebersihan kota, kwakakakakkk), dalam "Succses storiesnya" dia pernah bilang gini "untuk sukses, kita harus fokus ke apa yg kita tuju.." tapi kl cuma fokus ke yg kita tuju tanpa perhatiin jalannya, bisa2 kita jadi org yg apatis.. Sukses itu kan bukan cuma berhasil mencapai tujuan tanpa pernah melalui tahapan, sukses itu melalui tahapan yang membuat kita faham dengan apa2 (jalan) menuju sukses itu sendiri, kemudian akhirnya tercapailah kesuksesan yg dituju. G ada toh org yang tiba2 sukses yang waktu di minta untuk cerita tentang jalan menuju suksesnya
dia sendiri bingung mau jawab apa, dalam bingungnya trus jawab "wah ndak tau, kmren aku biasa2 aja, skrg kok udah sukses ya..?" g mungkin kan? Sama seperti itu, untuk dapetin apa yg kita cari pastinya kita harus tau & perhatiin jalannya.

Kembali ke judul, apa hubungannya ma mbaca?
contoh ni..,

  1. ada orang yg lagi googling, dia fokus ke apa yg dia cari, search dgn key yang ada di ingetannya, kl g ada kata2 sesuai key, lgsung next, next & next, padahal waktu lagi searching terlalu banyak ilmu yang terlewatkan gitu aja...
  2. ni masih org jg sih, n msh lg googling jg (hehehe). di 1 warnet, si admin nampilin blognya di home page firefox tiap2 kompienya, jd tiap kali si pengunjung nge-klick firefox lgsung dech ke buka artikel yg g seberapa itu.. ada pengunjung yg selesai nge-net trus konsultasi (kayak dokter aja), kebetulan problem yg di tanya si pengunjung ada di postingan halaman pertama dlm blog tsb. wah,ni org sama sekali persis ma yg kita bahas di atas kan, dia cuma fokus ama apa yg dia cari, tp g coba perhatiin dgn apa yg dia lewatin,hehehee.
  3. Dst..

Kalo harus jujur, sewaktu ada pertanyaan gini, "dimana kamu dapetin banyak pengetahuan?",
kl versiku sih jwbnya gini:
  1. Sedikit di sekolahan.
  2. Paling banyak di dunia kerja (pengalaman). Sewaktu kita dapet masalah, yg jelas masalah akan selalu mendewasakan kita dalam hal apapun.
  3. Tambahannya di toko buku loak kesayangan. Saat sii penjual buku numpukin buku di teras pertokoan, bukanya juga mlm hari, trus di injek2 lg, disitulah byk pengetahuan yg dulu g di dapetin dari dosen. Bayangin, ilmu itu ternyata g di dapetin saat kita ngluarin banyak biaya di bangku kuliahan, tapi malah dapet di toko loak kesayangan.
  4. Selebihnya baca di net, hehehehe.. buanyak banget ilmunya.... g kan abis2 sampe Speedy jangguten...
Udah ah, kepanjangan..
Intinya za ya......
  • Masalah mendewasakan kita
  • Membaca adalah guru yg g kenal lelah, dst..
  • Untuk menuju sukses, harus faham & merasakan akan jalan menuju sukses itu sendiri.
weesss....
dah laper ni...
Gmn menurut kamu..????? Masih males baca..???
ditunggu tanggapannya.. thx tuk yg mau baca...
Wass....

5 comments:

ilmu antropologi said...

kreatifitas timbul dari membaca, sayangnya bacaan saat ini juga sudah tidak lagi mendidik generasi muda untuk berpikir kearah yang lebih baik. kebanyakan buku yang beredar membawa generasi muda ke dunia hayal yang indah dan muluk. kratifitas nggak muncul hanya hayalan yang berlebihan, tahu nggak izoel kenapa ?.
coba baca juga postingan aku yang baru. Ambiguitas VS Kreatifitas. salam

anita mui said...

Membaca emang seharusnya dikenakan hukum wajib,coz dgn membaca bisa memberikan manfaat yg luar biasa buat seseorang.lambat laun dan tanpa kita sadari pasti akan ada perkembangan yg baik dlm cara berpikir kita...
sayang org indo masih mimim minat bacanya,beda ma org jepang yg tiap hari 1 org bisa membaca 7 koran klo org indo 1 koran buat 7 org sampe halamannya amburadul gk karuan,,hhheee

membaca tak mengenal usia,membaca buku ibarat sekolah informal....!! dlm agamapun menganjurkan hal ini.

ilmu antropologi said...

maksudnya bukan begitu bro, coba bayangkan angka penganguran semakin meningkat, kita yang sudah kerja di swasta saat penerimaan cpns dibuka juga ikut-ikutan antri ambil tiket, bersaing dengan mereka yang masih ngganggur, kasihan nggak tuh. trus pas nggak diterima, balik lagi kerja di tempat lama, bicara sana-sini perusahan kita bagus dan lain sebagainya, padahal beberapa hari yang lalu kita mencoba khianati tuh perusahaan. tahu nggak bro, ada senior gua yang udah jadi hrd di sebuah perusahan swasta bilang sama gua kalau ketahuan sama perusahaan ikut seleksi cpns bakal diberhentiin. tapi dianya tetap aja ikut. gimana tuh ?.

aanaga said...

membaca.......http://kendhin.890m.com/emoticon/bingung.gif

Kenapa yach membaca berat amat rasanya? padahal bang amat aja gak berat berat amat hehheh..., padahal wahyu pertama kali turun adalah membaca biar kita gak goblok goblok amat kayak bang amat hehehe.

Mungkin mereka yang gak suka baca udah ambil keputusan buat gak baca atau ambil keputusan utk gak milih apa apa.

aie said...

ea ... ea ...
mmbc tu mank pntg n bgs bgt bwt +iLmu,,
tp cobaan bwt mmbca tu jg byk
ada yg auaL'a mmbc eh Lm2 jd ketiduran,,
truzZ ada yg merasa bosan jg dgn pa yg ia bc
truuZ Lg ada mpe pusink gr2 baca
mis: nie gr2 bc soaL b.indonesia yg begitu pnjg.. pas d srh mnjwb soaL'a eh maLah gak Tao.. d bc uLAng d bc uLang eh maLah pusink hahahahaha :))


kLo saia biL yg bgini nie gauat
heeeem... cr ngatasi'a gmn ya ??
saia sbg peLAjar kdg bingung ndiri nie !!
heeeeem...

kaLo saia Lbh suka praktek'a Lgsg dr pada teori muLu teori muLu !!
heeeeeem...
nta L gak ngerti Dech...
huuuuuuufH :f

Post a Comment