Pages

5.03.2009

Worm di Twitter telah terungkap


Ada yg tak kenal Twitter..??? Layanan sosial saat ini telah banyak melakukan ekspansi melalui website, salah satunya adalah Twitter. Website ini memberikan fasilitas bagi para penggunanya untuk mengirimkan dan membaca info terbaru dari user lainnya, yang dikenal dengan istilah Tweets. Tweets ini di posting berbasiskan teks yang panjangnya dapat mencapai 140 karakter, ditampilkan pada halaman profile user, serta dikirimkan bagi user lainnya yang terkoneksi dengannya.

Dengan adanya layanan sosisal ini, user yang berada dimanapun dapat bertemu kerabat lama, teman baru sehingga menjalin komunikasi yang terpelihara. Namun kenyamanan yang dinikmati penggunanya cukup terganggu dengan tampilnya worm yang mampu memodifikasi halaman profil user yang terinfeksi.

Berawal dari sebuah plug-in
Ditemukannya worm ‘Mikeyy’ berawal dari munculnya pesan-pesan tidak diinginkan yang masuk pada beberapa account Twitter. Walaupun tidak berbahaya namun pesan-pesan ini dirasa sangat mengganggu karena kemunculannya cukup sering. Setelah ditelusuri, worm ‘Mikeyy’ ternyata berasal dari sebuah script plug-in menuju website stalkdaily.com yang dibuat oleh pemilik website yang bernama Mikeyy Mooney – yang mengakui telah membuat worm tersebut. Worm ini akan mengirimkan pesan kepada account-account contact dari account yang telah terinfeksi. Pengguna Twitter yang membuka profil pengguna yang terinfeksi juga akan ikut terinfeksi secara otomatis. Account terinfeksi akan mengirimkan pesan-pesan ke seluruh account di contact tanpa disadarinya. Contoh kasus yang berbahaya adalah apabila salah satu account selebriti yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan follower terinfeksi worm ini dan lalu menyebarkannya ke seluruh followernya. Worm akan menyebar ke jutaan account Twitter dalam waktu singkat.

Yang dimulai harus berakhir
Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mencegah penyebaran worm ‘Mickeyy’. Dimulai dengan menghentikan kegiatan mengunjungi profil pengguna Twitter. Gunakan aplikasi Twitter client TweetDeck dan Seesmic Desktop. Matikan feature javascript dan gunakan plug-in (add-on ‘no script’ pada Firefox). Apabila account Anda termasuk salah satu yang telah terinfeksi worm ini, silahkan melakukan langkah-langkah usaha menghapus ‘Mickeyy’ sebagai berikut:


• Lakukan clear cache dan cookies pada setting browser
• Matikan javascript
• Login ke website Twitter lalu periksa bagian-bagian yang mencurigakan terutama pada bagian ‘URL and Location’. Apabila ada perubahan pada bagian ini yang tidak Anda inginkan, hapus seluruhnya dan ganti dengan setting ‘URL and Location’ Anda sebelumnya
• Aktifkan kembali javascript dan lihat adakah perubahan pada bagian ‘Design’ dan ‘Profile Colors’. Apabila ditemukan perubahan, hapus semuanya dan kembalikan ke setting semula
• Hapus tweet yang terinfeksi ‘Mickeyy’
• Lakukan perubahan password untuk berjaga-jaga
• Keluar dari account anda
• Ada laporan yang menyebutkan bahwa ‘Mickeyy’ dapat melakukan aktivasi ulang melalui web. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TweetDeck atau Seesmic Desktop dibanding menggunakan akses web dengan browser.




Sumber : PC Mild & Chip online

5 comments:

zul said...

mantab...info & tutorialnya

mama hilda said...

Met siang,
makasih infonya, tapi saya ndak pake twitter kok, meskipun punya account, terlalu banyak script membauat blog makin berat aksesnya..

anita mui said...

Gak suka sama twitter sukanya pake switter :d

Izoel said...

@zul: mksih.
@mama hilda: huehehee, iya, tp ada tmn yg pgnnya len2, seleranya beda. hihiks.
@anita mui: maklum kok. kedinginan trus ya..?? hihiks, dipake buat tdr jg kan..?? dasar demen tidur.. hohohoo..

website design,web design said...

Your blog is very nice... i like your blog ....

web design company, web designer, web design India

Post a Comment